cari saja dengan jarimu

Kamis, 02 Oktober 2014

batik betik butik

Gak kerasa udah sekian bulan ga nulis lagi di blog pinggiran ini. kenapa pinggiran? Karena isinya gak mainstream dan sering kali dilupakan. Berasa sok sibuk dengan kerjaan sendiri padahal emang gak punya kesempatan lapang buat ngetik2 di komputer. Mumpung lah ada waktu senggang setelah sholat dzuhur dan menanti jam kerja dimulai lagi. Mari kita menulis lagi :)
sesuai dengan judul, maka bahasannya tentang BATIK BETIK dan BUTIK.

BATIK
Hari ini tanggal 2 Oktober 2014, seperti tahun kemarin dimana tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. apa sih keunggulan dari Hari Batik Nasional?
dengan semangat melawan lupa, maka disajikan kembali sejarah dari tanggal 2 Oktober – Hari Batik Nasional.

Batik merupakan warisan dari para leluhur bangsa Indonesia, mungkin jika boleh dilebihkhususkan pada leluhur dari tanah Jawa – walaupun akan ada perdebatan dan argumentasi tentang hal ini tapi biarlah. Seiring dengan perkembangan zaman dan perseteruan antara Indonesia dengan negara serumpun terkait dengan permasalahan budaya, maka pihak pemerintah Indonesia segera mengusulkan pada UNESCO terkait dengan warisan dunia yang bernama batik ini. setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya UNESCO mengesahkan bahwa batik merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada tanggal 2 Oktober 2009.

Maka sejak itulah dikenal bahwa tanggal 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional. Biasanya ada “kewajiban” untuk menggunakan batik pada hari tersebut.
Padahal, tanpa “dikomando” kebanyakan orang Indonesia sudah biasa berbatikria baik untuk seragam sekolah maupun untuk peristiwa penting. Walaupun demikian, tetaplah cintai produk-produk dalam negeri. Membeli batik sama juga menggerakkan perekonomian bangsa.

BETIK
hayoo ada yang tau apa itu betik? Gak ada yang tahu kan.. betik itu adalah nama lain dari pepaya. Betik (Malaysia) = Pepaya (Indonesia). Ada juga nama lain dari betik ini di Indonesia, diantaranya kates, gandul dan gedang. Semuanya sama saja yakni pepaya. Tapi ada yang lebih menarik: carica. Carica ada di dataran tinggi dieng. Jika suatu hari ke dieng, pastikan untuk bawa pulang manisan carica.

IMHO, betik ini adalah tanaman yg berguna. Buahnya bisa buat rujak (kalo yg masih setengah matang) bisa juga buat obat (kalo BAB kurang lancer). Siapa coba yang gak suka dengan buah betik/papaya? Sementara daunnya bisa buat lalap atau pecel, walaupun rasa pahit tapi punya khasiat yang baik untuk kesehatan diantaranya: mengontrol tekanan darah, menyembuhkan demam berdarah dan juga meningkatkan nafsu makan.

BUTIK
naaah siapa yang gak tau tentang butik? Kayaknya sih udah paham bener tentang butik. Yang pasti butik bukan berarti bukan itik tetapi toko yg mengkhususkan penjualan pakaian baik yang sudah jadi maupun yang dibuat sesuai dengan pesanan. Biasanya pakaian yang belinya di butik lebih mahal ketimbang di toko pakaian lainnya, entah kenapa hal tersebut bisa terjadi. Mungkin ada perbedaan jenis kain atau mungkin ada hal lain yang menambah harga jual. Sebenarnya gak ada keharusan untuk berkunjung ke butik tapi lazimnya banyak yang menyukai untuk berkunjung ke butik. Entah sekedar cuci mata atau memang sedang mengukur daya beli. 
jadi kapan kita ke butik?




1 komentar:

  1. Postingan ini sangat bermanfaat, memberikan informasi mengenai hal yang belum diketahui. Semoga postingan ini bisa memberikan motivasi untuk selalu ingin tahu.

    BalasHapus