cari saja dengan jarimu

Senin, 18 Oktober 2010

merasakan lintasan xtruction

setelah lama digadang2 dan tertunda untuk ikutan kegiatan "bike in the city"-nya agung podomoro, akhirnya hari minggu kemarin berkesempatan juga gabungan. pagi hari ditemani istri tercinta mempersiapkan "petulangan" bersepeda di jalur klasik dan jalur xtruction. pasang bike carrier, setel sana sini, angkat sepeda tak lupa ikat sana ikat sini agar sepeda tidak jatuh. segelas teh hangat manis sudah tandas, saatnya berangkat.

bike in the city kali ini ditempatkan di thamrin city, tepatnya di basement 1. gak terlalu sulit untuk mencapai tekape karena lewat jalur belakang (tanahabang). coba kalau jalur depan (thamrin) bakalan kesulitan karena jalanan sudah sumpek dengan yang sepedaan dan lari2 kecil. jadi camkan dalam ingatan, lebih baik ambil jalur tanahabang kalau ingin ke thamrin.

setelah rebes dengan urusan administrasi pendaftaran (ambil jatah jersey oranye) langsung dech bersiap2 di garis start. rute klasik jakarta cfd : bundaran hi - bundaran bi - bundaran hi - ratu plaza - bundaran hi - thamrin city. ini beneran rute yang seklasik-klasiknya rute sepedaan.

yang paling enak setelah sepedaan (fun bike) adalah acara bagi2 doorprize. ni kegiatan beneran murah dan mudah. daftar online gratif, registrasi ulang, dapat jersey trus berkesempatan bawa pulang door prizes semuanya GRUATIS! yap! GRUATIS!
di jajaran doorprizes ada helm, kipas angin, rice cooker, dan tivi! sayangnya lagi gak beruntung dalam undian. tak apalah.

sesuai dengan niatan, maka sepedaan di hari minggu ini adalah mencoba rute xtruction.
apa itu rute xtruction??
XTRUCTION berasal dari penggabungan kata crosscountry (XC) dan construction, dimana artinya adalah aktifitas sepeda gunung (crosscountry) yang mempergunakan fasiltas sebuah bangunan (construction). Aktifitas XTRUCTION adalah dengan memanfaatkan perpindahan dari lantai satu ke lantai lainnya untuk naik atau turun sebagai tantangan serta rintangan dalam satu putaran (laps) atau lebih tergantung kemampuan.
Karena XTRUCTION menterjemahkan kegiatan sepeda crosscountry di tanah berbukit-bukit ke dalam sebuah bangunan yang lintasannya berupa lantai beton atau keramik , maka dalam aktifitasnya pada kegiatan XTRUCTION, pada setiap putarannya sepeda gunung juga akan menghadapi tantangan berupa turunan (down) dan tanjakan (up) serta menghadapi rintangan-rintangan "alami" yang terdapat di dalam bangunan itu seperti ramp, tangga darurat dan lain sebagainya. Nantinya pada saat kompetisi berlangsung jumlah laps yang harus di tempuh pada setiap kelasnya berbeda-beda berkisar antara 3 sampai 5 putaran.

nah.. ini dia yang dinanti. sekedar ingin ngetest kemampuan diri sendiri untuk bersepeda menghadapi tanjakan dan menuruni ramp parkiran berputar. sembari mendengar pengumuman door prizes pemanasan sendiri. iseng2 lompat sana sini sampai mencoba tanjakan dari basement 1 (B1) ke parkiran 4 (P4). waow!! ternyata sanggup.. makzaaanngg... walaupun harus diakui bahwa nafas sudah tersengal2..

lintasan xtruction | target 4 laps untuk dapetin jersey.
maksud hati ingin memberikan hadiah kepada istri sebuah jersey baru tapi apa daya......?

trek yang memang dibuat secara khusus ini berada tidak jauh dari parkiran motor thamrin city.

tidak seperti jalur lomba yang sebenarnya, kali ini hanya menyusuri wilayah parkiran semata.

kontur lintasan dengan beton terdiri tiga tanjakan dengan 3 "recovery area" untuk kemudian turunan pada ramp berputar ternyata benar2 menguras tenaga.

pada lap pertama masih dengan gaya menaiki tanjakan. tetap duduk dengan gear tengah, satu dua tiga tanjakan dilahap dengan tenang (walau detak jantung naik tinggi). melahap turunan pada ramp berputar tidak mengeluarkan tenaga tetapi tetap dengan konsentrasi agar tidak terjatuh.

masuk lap kedua. hap hap tanjakan pertama sukses dengan gaya duduk. masuk tanjakan kedua sudah ganti gigi rendah. masuk tanjakan ketiga sudah dengan gaya berdiri. pyuh pyuh pyuh.. berasa tanah bergerak.. istirahat sejenak sebelum menuruni ramp.

masuk lap ketiga. sudah kehilangan gaya duduk, langsung berdiri dengan gear rendah guna mencapai titik recovery. huaaahh... puegel poll.. sampai di recovery area sebelum turunan sudah memantapkan hati untuk berhenti di lap ketiga. sudah gak sanggup! ga baik memaksakan diri nanti bisa berabe. ya sudah akhirnya setelah menyelesaikan turunan segera menuntaskan usaha penaklukan trek xtruction. walaupun sorak2 penggembira yang menyemangati agar masuk ke lap 4 bergemuruh, tapi diri sudah berkata: cukup!.

huaaaahh.. jalur yang benar2 menantang.. berkeinginan di lain waktu untuk menjajal kembali jalur ini.

berikut foto2 dari pihak penyelenggara. inilah trek sesungguhnya untuk lomba xtruction. kalau yang kemarin hanyalah pembukaan saja, gak ada fotonya.

2 komentar:

  1. hebat om, saya mah orang parung, biar ada CFD atau funbike, tetap saja tidak bisa ikut. kejauhan. aktifitas bersepeda hanya b2w saja.

    BalasHapus
  2. @komuter
    luangkan lah waktu untuk ikutan cfd.
    saya pun begitu juga. kalau ada acara ke luar kota dan waktunya cocok, akan disamperin. kemarin sempat main ke katulampa.

    BalasHapus