cari saja dengan jarimu

Jumat, 01 Oktober 2010

sebuah tulisan awal

tiap-tiap sel otak ini mampu mengolah sekian banyak informasi. mulai dari yang remeh temeh hingga yang berat2. tidak hanya mengolah informasi tetapi juga menyimpan informasi. tahukah anda berapa kemampuan otak ini? menurut para ahli, kemampuan otak hanya dibatasi oleh kemauan untuk menggunakannya. ketika seseorang sudah tidak mau menggunakan otaknya maka otak akan menjadi tumpul, lumpuh dan pada akhirnya mati. begitu juga sebaliknya, ketika seseorang berusaha untuk memaksimalkan kemampuan otaknya maka otak itu akan terus tumbuh dan berkembang. 


berbekal pada hal tersebut diatas maka gue membuat blog ini. sebagai alat bantu untuk memaksimalkan kemampuan otak dalam mengolah kata hingga menyimpan memori. walaupun kemampuan tidak terbatas, bukan berarti bisa diakses setiap waktu. terkadang otak sedemikian jenuh hingga akhirnya macet. masa macet ini disebut sebagai lupa-amnesia. kadang tak perlu waktu lama untuk mengingat kembali namun terkadang diperlukan waktu yang lama untuk mengingatnya. terus terang gue termasuk pelupa.

menulis pendapat serta berbagi informasi adalah hal yang positif. menggoreskan catatan sejarah dengan tinta ilmu pengetahuan merupakan bagian dari hidup. bukan hanya sebagai bagian tetapi juga keharusan dari hidup. karena hidup adalah proses belajar dan menuntut ilmu. kata orang tua, menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang kubur.
Rasulullah pun bersabda: tuntutlah ilmu hingga negeri cina.
Ayat pertama dari Al-Qur'an pun berkata tentang belajar. jadi tidak ada alasan untuk menunda untuk berbagi ilmu.

meyakini bahwa setiap yang bernafas pasti mati. ketika mati telah datang maka tidak yang bisa diharapkan dari yang hidup kecuali tiga perkara. Rasulullah bersabda:

Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya.(HR Muslim)
hanya tiga perkara itulah tersisa. oleh karenanya (lagi-lagi) berbagi ilmu yang bermanfaat menjadi sangat penting.

melalui blog inilah kesemua hal tersebut berusaha diraih. tak menampik bila isi dari blog ini di kemudian hari berisi tentang opini-opini mengenai peristiwa2 hangat dan atau mungkin hal-hal yang terlalu remeh temeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar