cari saja dengan jarimu

Selasa, 18 Januari 2011

Hikayat presiden dengan ipadnya

Konon sejak kunjungan kerja (?) presiden ke sebuah acara di Toronto, Kanada sana presiden mendapatkan bingkisan dari seorang konsultan komunikasi. Sebuah bingkisan yang remeh temeh dan ringan untuk dijinjing. Sebuah ipad keluaran terbaru. Betapa sumringah wajah presiden saat menerima bingkisan tersebut. Padahal, peraturan undang2 menyebutkan bahwa pemberian bingkisan dalam bentuk dan nama apapun kepada pejabat negara/pemerintahan adalah dilarang dan harus di laporkan ke bagian/institusi pemerintah (mungkin KPK kali yaa). Kategorinya adalah GRATIFIKASI. CMIIW.
Apakah presiden sudah melaporkan hadiah tersebut? Meneketehe! Jikalau presiden tidak melaporkan hadiah tersebut, maka presiden sudah melanggar undang2 yang ditandatanganinya sendiri. Berdusta pada UU.

Ok lanjut.

Setelah belajar untuk menguasai ipad yang berteknologi canggih akhirnya ipad tersebut naik pangkat. Tidak lagi hanya di meja kerja presiden saat rapat kabinet atau di ruang kerja presiden. Kali ini sudah ada di mimbar kepresidenan. Menggantikan buku catatan kecil yang selama kurang lebih 5 tahun menemani presiden saat berada di mimbar kepresidenan. Ipad warna silver dengan setia menemani cuap2 presiden baik pada saat konferensi pers maupun dalam pengarahan manakala ada acara di istana cikeas ooopps.. istana kepresidenan maksud saya.


Sejak kemunculan ipad tersebut, gak bisa dipungkiri logo dari pembuat ipad (apple) senantiasa terekam dalam bidikan kamera foto maupun video. Dalam bahasa komunikasi, pelan tapi pasti presiden tengah mempromosikan perusahaan apple.
terus terang gak tau yah apakah tindakan promosi oleh presiden ini diperbolehkan atau tidak. Atau apakah promosi (terselubung) ini mendapatkan kompensasi dari pihak pembuat? Aah entah lah.. ilmu saya belum sampai kesana.. tapi yang jelas ada apa2nya nih..

Manakala presiden menggalakkan (sok galak tapi ternyata memble) penggunaan produk dalam negeri, eeeh ternyata kelakuannya berbeda. Apa yang diucap beda dengan apa yang diperbuat. Itu namanya apa yaa? Munafik? Atau berbohong? Entah lah.. dicari lah sendiri diksinya.

Gerah dengan pemberitaan promosi (terselubung) tersebut, akhirnya dibuatlah gebrakan baru. Logo apple dihilangkan dari ipad presiden itu dan diganti dengan siluet istana merdeka. Gak percaya? Cek foto yang diambil dari : kompas.com

Jadi apakah benar bahwa presiden gerah saat ditanya logo apple di ipad nya? Ataukah dia keki saat ditanya mengenai keseriusan menggunakan produk dalam negeri?

Atau jangan-jangan…

Presiden dan atau istana merdeka telah sukses membuat ipad (looks like) !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar