cari saja dengan jarimu

Rabu, 10 November 2010

Blogspot Vs Wordpress

Blogspot Vs Wordpress
Pertarungan antara kedua jawara penyedia jasa blogging ini tidak akan pernah ada habisnya. Masing2 pihak mengeluarkan jurus2 maut yang memikat hati para blogger seantero dunia. Keduanya mempunyai kelemahan dan kekurangan masing2 seiring dengan perkembangan teknologi.
 VS


Yang ingin gue soroti adalah kemampuan menerima post by email dari masing2 penyedia jasa ini. Feature yang satu ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak mempunyai akses internet online yang lama. Kenapa demikian? Karena post blog bisa dibuat tidak dalam kondisi online melainkan dalam kondisi offline. Sehingga waktu terkoneksi dengan internet bisa ditekan serendah mungkin – yang pada akhirnya meminimalkan biaya internet.

Blogspot dengan @blogger.com -nya
Blogspot mempersilahkan para blogger untuk memposting blog dengan menggunakan email sebagai penghantar. Dengan melakukan pengaturan pada settingan “email & seluler” maka kita bisa melakukan post via blog dengan mengirimkan email ke alamat email unik yang bisa kita buat sendiri. Cek skrinsut berikut ini:


Setiap email yang masuk ke blogger maka akan segera tampil di blog kita. Sayangnya kemampuan blogger untuk menerima file multimedia (gambar, suara dan video) tidak memadai. Bahkan bila kita mengirimkan email dengan attachment file multimedia, maka dapat dipastikan bahwa file2 tersebut tidak akan muncul di post blog kita. Sangat mengecewakan! Tapi itulah kondisinya. Kondisi yang diberikan oleh blogspot.

Wordpress dengan @post.wordpress.com –nya
Wordpress juga memberikan fasilitas post by email seperti blogspot. Bedanya, alamat email tujuan tidak dapat diubah sesuai dengan keinginan blogger melainkan dibuatkan secara sistem oleh wordpress. Mungkin karena alasan keamanan atau alasan lain. Pengaturan fasilitas ini ada di dashboard – my blog


Keunggulan dari wordpress ini adalah what you write is what you see (sebutan dari gue). Jadi apapun jenis, isi dan bentuk email yang dikirimkan maka itulah yang akan tampil di blog anda. Post blog yang penuh dengan tautan, file multimedia dan lain sebagainya akan tampil apa adanya seperti yang telah dibuat via email. Hal ini sangat menyenangkan bagi para blogger, karena customisasi dan personalisasi sebuah post blog menjadi begitu mudah.

Untuk hal ini, wordpress memang jawaranya. Kemudahan yang diberikannya belum tertandingi oleh blogspot. Jadi jikalau gue harus memilih antara blogspot dan wordpress untuk alasan ini, maka pilihannya adalah wordpress!

Wordpress memberikan kemudahan dalam blogging!

Tapi disisi lain, blogspot memberikan kemudahan yang tidak diberikan oleh wordpress :)

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai post by email bisa dibaca yang ini:

apapun yang anda pilih, happy blogging !!

1 komentar: